Wamenkeu: Pertumbuhan Ekonomi Global Tahun ini Melambat ke Angka 3,3%

Foto/Ilustrasi: Logload

Jakarta – Pertumbuhan ekonomi global tahun 2019 diproyeksikan berada di tingkat yang rendah. Hal itu disampaikan oleh Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo saat konferensi pers APBN KiTa, di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (22/04/2019).

Hal itu berangkat dari World Economic Outlook (WEO) bulan April 2019 yang memproyeksikan ekonomi global kembali melambat ke angka 3,3%,  lebih rendah dibandingkan proyeksi bulan Januari 2019 sebesar 3,5%.

“Proyeksi yang rendah ini tercermin dari melambatnya pertumbuhan perdagangan di tahun 2019,” ucap Mardiasmo. Sebaliknya, bagi perekonomian Indonesia, WEO memproyeksikan masih tumbuh sebesar 5,2%.

Secara umum pelaksanaan APBN hingga 31 Maret 2019 menurut Mardiasmo masih aman. “Hal itu karena, penerimaan negara tumbuh sebesar 5,0% sebagai dampak kebijakan percepatan restitusi pajak untuk memberikan stimulus terhadap ekonomi,”  tambahnya.

Kemudian, penyerapan belanja negara semakin baik dengan pertumbuhan 7,7% lebih tinggi dari tahun sebelumnya sebesar 4,9%.

“Realisasi defisit APBN dan keseimbangan primer  masih terkendali, masing-masing mencapai 0,62% dari PDB dan sebesar negatif Rp11, 4 triliun. Lalu posisi utang masih pada level aman yakni  di  30,1% dari PDB,” pungkas Mardiasmo.

Penulis: Anindita, Anisa