Pembangunan Kantor Pusat OJK yang Baru Terapkan Sistem Platinum Green Building

Foto/Ilustrasi: Logload

Jakarta – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hari ini, Selasa (02/04/2019) meresmikan sekaligus melakukan peletakan batu pertama pada pembangunan Kantor Pusat Otoritas Jasa Keuangan di Lot-1 SCBD, Jakarta.

“Dengan pembangunan gedung ini diharapkan dapat memberikan semangat kepada OJK dan sektor jasa keuangan untuk memberikan kontribusi yang optimal kepada Republik Indonesia yang kami cintai ini,” ucap Wimboh.

Sebagaimana diketahui, lahan yang nantinya menjadi Kantor Pusat OJK berdiri di atas lahan milik Kementerian Keuangan. “Kami mendapatkan kesempatan untuk mengoptimalkannya sebagai gedung kantor OJK. Kami secara informal sempat berdiskusi dengan Gubernur Bank DKI bahwa gedung ini dibangun dengan menerapkan sistem ramah lingkungan atau Platinum Green Building atau yang standardnya paling tinggi,” jelas Wimboh.

Dengan penerapan sistem Platinum Green Building, Wimboh mengharapkan agar gedung tersebut menjadi milik bersama, baik antara pemangku kepentingan sektor jasa keuangan maupun pemerintah pusat. “Agar selalu bersinergi dan bersama-sama bertukar pikiran, serta sekaligus meningkatkan peran jasa keuangan untuk perekonomian kita,” tambahnya.

Lebih lanjut, Wimboh mengatakan bahwa pembiayaan pembangunan gedung ini berasal dari hasil pungutan yang dikontribusikan oleh Kementerian Keuangan. “Iuran yang setiap tahun dibayarkan, sehingga kami mengharapkan pemanfaatan gedung ini secara bersama-sama. Anggaplah gedung ini gedung kita bersama. Kita harapkan sebagai gedung sektor jasa keuangan,” tandasnya

Wimboh mengakui bahwa hal itu tidak terlepas dari campur tangan semua pihak, mulai dari ahli, instansi pemerintah hingga stakeholders. “Sinergi ini bertujuan untuk menjaga gedung ini tetap governance. Kami telah menyiapkan tim satgas dan kami akan terus melakukan konsultasi dengan BPK dalam prosesnya. Semoga ini berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan dan kaidah yang ada,” pungkasnya.

Penulis: Anindita, Anisa