Sri Mulyani Kaji Anggaran untuk Dana Kecamatan

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan akan mengkaji alokasi dana untuk kecamatan. Hal tersebut disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Nasional Camat hari ini, Rabu (20/3).

Kalau jadi, Dana Kecamatan rencananya akan digelontorkan untuk menciptakan keseimbangan pembangunan. Maklum, desa dan kelurahan telah mendapatkan alokasi dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Saya dengar dari Pak Mendagri (Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo), kalau bisa ada semacam, karena ini kan sama desa lurah (Dana Desa dan Dana Kelurahan), kok camat tidak dikasih. Nah nanti kami pikirkan saja dalam bentuk Dana Alokasi Umum (DAU),”katanya, Rabu (20/3).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menjelaskan pemerintah sebetulnya telah memiliki alokasi dalam APBN untuk pendanaan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan melalui dana untuk forum koordinasi pimpinan di kecamatan.

Sedangkan di tingkat daerah, lanjutnya, pendanaan penyelenggaraan urusan pemerintah di provinsi yang ditugaskan kepada bupati dan dilaksanakan oleh camat, maka harus ada alokasi dari anggaran pendapatan belanja dari kabupaten.

Oleh sebab itu, ia mengaku akan duduk bersama dengan pihak Kementerian Dalam Negeri untuk memilih instrumen paling efektif yang akan digunakan sebagai anggaran kecamatan. Paling utama, lanjutnya, adalah kejelasan fungsi dari anggaran kecamatan itu.

“Saya sebagai menteri keuangan kami bisa alokasikan dalam bentuk DAU berdasarkan tugas. Namun, kalau DAU-nya terlalu banyak saya kasih tanda, itu jadinya bukan DAU lagi,” tegasnya.

Sebelumnya, Tjahjo menjanjikan bakal mengusulkan dana khusus untuk kecamatan sebesar Rp100 juta. Usulan dana kecamatan itu berasal dari keluhan para camat dalam yang digelar Kemendagri selama tiga kali.

Untuk diketahui tahun ini pemerintah menganggarkan Dana Desa sebesar Rp70 triliun naik dari tahun lalu sebesar Rp60 triliun. Di samping itu, pemerintah juga mengalokasikan Dana Kelurahan sebesar Rp3 triliun di 2019. Ini merupakan kali pertama pemerintah menganggarkan Dana Keluarahan.

Sumber: CNN Indonesia. (2019). Dikutip dari cnnindonesia.com