Perusahaan Hotel Terimbas Tingginya Harga Tiket Pesawat

Foto/Ilustrasi: Barn Images

Jakarta – Isu penurunan harga tiket pesawat berdampak pada perusahaan hotel dan restoran terutama di sekitar tempat destinasi wisata.

“Tentu hotel kena imbasnya, kerugiannya sekitar 20-40%,” tegas Wakil Ketua Umum bidang Organisasi Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Maulana Yusran, di Jakarta, Rabu (24/04/2019).

Maulana menilai bahwa transportasi udara menjadi faktor yang cukup krusial.  “Transportasi udara menjadi hal yang penting buat kita berpindah dan bergerak Kalau kita bilang itu pergerakan domestik,”  kata Maulana.

Selain itu, menurut Maulana, pergerakan tersebut berdampak kepada bisnis dan perekonomian. “Nah bergerak untuk bisnis dan pariwisata itu beda tipis,” tambahnya.

Sementara itu, Maulana menyebut bahwa destinasi wisata turut berimbas terhadap isu penurunan tiket wisata. “Sejak Januari ini sudah terjadi, sebentar lagi masuk bulan puasa. Ini kita anggap tahun pertama jika dilihat year on year. Tetapi juga menyangkut ke Pemerintah Daerah (Pemda) karena stimulusnya Pemda juga drop,”  jelasnya.

Penulis: Anindita, Anisa